Tata Cara Pengaduan Nasabah dengan Sistem Pengaduan Online Bappebti

Pengaduan Nasabah dengan Sistem Pengaduan Online Bappebti dapat dilakukan  pada alamat website https://pengaduan.bappebti.go.id.

Adapun tata cara bagi nasabah untuk melakukan pengaduan Nasabah adalah sebagai berikut :

  1. Hanya Nasabah yang dapat memanfaatkan Sistem Pengaduan Online Bappebti

  2. Nasabah wajib membuat akun Pengaduan terlebih dahulu dengan melakukan pengisian data dan informasi pribadi melalui Sistem Pengaduan Online Bappebti

  3. Setelah melakukan pembuatan akun Pengaduan pada sistem Pengaduan Online Bappebti sebagaimana Nasabah wajib mengunggah dokumen paling sedikit mencakup:

  •         a. Kronologis atau uraian Pengaduan secara jelas dan detail;

  •         b. Identitas Nasabah; dan

  •         c. Bukti transfer dana.

 

 4. Bappebti akan melakukan verifikasi atas pembuatan akun Pengaduan dan dokumen yang diunggah, serta memberikan persetujuan atau penolakan. Pengaduan melalui Sistem Pengaduan Online Bappebti. Pemberian Persetujuan atau penolakan Pengaduan dilakukan paling lambat 2 (dua) hari kerja setelah dokumen telah lengkap diunggah oleh Nasabah.

  5. Jangka waktu penyelesaian Pengaduan mulai berlaku efektif terhitung pada saat Bappebti telah memberikan persetujuan atas pengaduan nasabah yang telah di masukkan oleh nasabahke dalam sistem pengaduan nasabah online Bappebti dan meneruskan pengaduan kepada Pialang Berjangka.

   6. Dalam hal Pengaduan dilakukan oleh kuasa Nasabah maka kuasanya selain dilengkapi dengan dokumen sebagaimana dimaksud juga wajib menggunggah surat kuasa khusus bermaterai yang ditandatangani oleh Nasabah dan kuasanya.

  7. Dalam hal Nasabah menyampaikan Pengaduan kepada Pialang Berjangka atau Bursa Berjangka maka Pialang Berjangka atau Bursa Berjangka wajib memberikan penjelasan kepada Nasabah mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) penanganan Pengaduan termasuk tata cara penggunaan Sistem Pengaduan Online Bappebti.

 

   8. Dalam hal Nasabah menyampaikan Pengaduan kepada Bappebti maka Nasabah berhak mendapatkan penjelasan dari Bappebti mengenai Prosedur Operasional Standar (POS) penanganan Pengaduan termasuk tata cara penggunaan Sistem Pengaduan Online Bappebti.

  9. Pialang Berjangka, Bursa Berjangka, dan Bappebti wajib memfasilitasi atau memberikan bantuan kepada Nasabah untuk menyampaikan Pengaduan ke dalam Sistem Pengaduan Online Bappebti atas persetujuan Nasabah.

  10. Pengaduan dapat dilakukan oleh Nasabah secara langsung datang ke kantor Pialang Berjangka, Bursa Berjangka, dan/atau Bappebti, atau melalui sarana komunikasi lainnya seperti surat tercatat, surat elektronik, dan telepon.