Margin Deposit

Nasabah memasukan Margin ke dalam Segregated Account PT CCAM Berjangka Indonesia, dan menyimpan bukti setor dari ATM atau bank terkait. Selanjutnya bukti setor diserahkan kepada Accounting.

 

Jika Nasabah melaksanakan Deposit Margin karena Call Margin maka Nasabah diwajibkan menyetorkan kekurangan dana sebesar kekurangannya  ke Segregated Account.

 

Nasabah akan menerima konfirmasi Call Margin dan mendepositokan sejumlah dana untuk menutupi kekuarangan dalam Effective Margin-nya. Setelah memasukkan dana kepada Rekening Terpisah Bank yang ditunjuk Pialang Berjangka, Nasabah menyerahkan bukti setor kepada Accounting.

Bukti Setor kemudian diterima Accounting untuk dilakukan klarifikasi untuk diketahui kebenarannya. Selanjutnya setelah Dana Nasabah masuk dalam Rekening Terpisah milik PT CCAM Berjangka Indonesia maka Accounting memberikan copy bukti setor kepada Complience dan Settlement untuk diperiksa.

 

Settlement akan segera menginput Penambahan Margin dan dibuat dalam laporan Penambahan Margin. Settlement menyampaikan perhitungan laba/rugi serta perubahan Margin Nasabah dalam End of Day Final Statement, statement tersebut dibuat rangkap dua,  masing-masing untuk dikirim kepada Nasabah dan Compliance. Nasabah menerima End of Day Final Statement.

Penarikan Margin

Nasabah dapat melakukan penarikan dana dengan mendatangani slip withdrawl (penarikan) terlebih dahulu. Akunting menerima Slip withdrawl nasabah dan kemudian melakukan konfirmasi kepada pihak settlement.

 

Settlement menerima Formulir Penarikan Dana Nasabah. Kemudian melakukan pemeriksaan di sistem Back Office untuk dilakukan evaluasi dan selanjutnya diarsip. Settlement memeriksa Effective Margin dan Posisi Terbuka Nasabah, apakah mencukupi atau tidak jika dilakukan penarikan dana oleh Nasabah. Selanjutnya Dealing melakukan konfirmasi kepada Accounting.

 

Jika dana nasbah mencukupi untuk di lakukannya penarikan sesuai dengan yang tertera pada Slip Withdrawl makan Akunting Memprosesnya dan Sebaliknya jika jumlah Effective Margin dan Posisi Terbuka Nasabah tidak mencukupi untuk dilakukan penarikan maka Dealing akan melakukan konfirmasi mengenai ketidakcukupan dana tersebut kepada Nasabah.

 

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Divisi Settlement jika Effective Margin dalam jumlah yang mencukupi maka Settlement menyampaikan persetujuan transfer kepada Divisi Accounting. Selanjutnya Accounting akan melaksanakan transfer dana nasabah dari Segregated Account kepada rekening Nasabah yang dituju. Kemudian melaporkan kepada Compliance untuk diteliti dan diperiksa, selanjutnya diarsip.

 

Kemudian Accounting menginformasikan kepada Dealing bahwa dana telah dialirkan dari Segregated Account kepada rekening Nasabah yang dituju. Setelah ada konfirmasi dari Accounting, Dealing menginput data Penarikan Dana pada Rekening Nasabah kemudian dilaporkan kepada Compliance untuk diperiksa dan selanjutnya diarsip.

 

Setelah Compliance selesai melakukan verfikasi data, Dealing menyampaikan kepada Nasabah yang bersangkutan bahwa dana telah dialirkan dari Segregated Account kepada rekening Nasabah yang dituju. Nasabah memeriksa Dana yang masuk pada Bank terkait. Jika Dana Nasabah belum masuk ke dalam rekening Nasabah maka Nasabah bisa melaporkan atauy mengkonfirmasi ulang kepada pihak perusahaan bersangkutan.

 

Jika Dana telah berhasil masuk maka proses penarikan dana telah selesai.

PT CCAM BERJANGKA INDONESIA

Gedung Graha Antero Lt 2

Jl. Tomang Raya Kav. 27

Jakarta Barat 11440 Indonesia

Hunting

Tel: (62-21) 56958879 / Fax : (62-21) 56949625 

Unit Pelayanan Nasabah

Tel : (62-21) 56940282
https://pengaduan.bappebti.go.id

©CCAM BERJANGKA INDONESIA, 2018